Selasa, 02 Agustus 2011

DROSOPHILA, Gothic Doom Metal Band Dari Jogjakarta

DROSOPHILA terbentuk pada bulan desember 1997 di Jogjakrta dengan memainkan konsep Blasphemy Doom Horror. Formasi awal ada 6 (enam) personil: Wisnu Satanizer (drum), Nanank Beliall (bass), Jhony Drosophila (vocal), Yudho Chemoz (lead guitar),  Haryo (ryhtem guitar) dan Ricka…(keyboard & backing vocal).

Dengan  formasi awal inilah terekam 5 lagu bernuansa Doom Metal yang di kemas dalam split album  bersama SANTET band asal Purwokerto. Split album ini dirilis tahun 1999 oleh Holy Flesh Records.

Setelah melalui beberapa reinkarnasi dan beberapa tahun DROSOPHILA tidak ada aktifitas alias vakum. Setelah vakum hampir 2 tahun, pada tahun 2007 DROSOPHILA kembali hadir dengan  personil baru. Beberapa personil baru berasal dari band – band asal Jogjakarta. Mereka adalah Safiq pada posisi gitar dan Topas sang drummer, keduanya jebolan dari Devoured. Kemudian ada Erly (Nocturn Project) sebagai bassis,  Andy (Jazirah Slayur) sebagai pemain keyboard, dan Bagus (Drosophila) penggesek biola. Sedangkan pada posisi  vokal masih tetap John (Drosophila). 

Dengan formasi baru ini lahirlah mini album dalam format CD yang diberi title "Frozen Inside" pada November 2007. Mini album yang dirilis independen ini berisi 3 buah lagu plus Intro dan Outro. Masih dengan mengusung konsep musik yang sama yaitu Gothic Doom Metal namun agak berbeda dalam aransemen musiknya. Perbedaan latar belakang dari setiap personil ikut memberi warna dalam mini album ini, namun nuansa-nuansa Doom masih sangat kental. Lagu yang dimainkan sekarang dibalut dengan nuansa 'atmospheric darkness' serta iringan orchestra menambah nuansa romantic sadness. Tak ayal "Frozen Inside" mendapat sambutan hangat dari masyarakat 'bawah tanah' Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar