Kamis, 18 Agustus 2011

FUNERAL INCEPTION

FUNERAL INCEPTION

FUNERAL INCEPTION, Monster Death Metal asal Jakarta ini telah kembali dengan album penuh yang sudah lama di nantikan setelah sekian lama band ini menghilang. Terbentuk dari jelmaan sebuah band gore grind bernama BLOODY GORE yang terbentuk tahun 1996. Dengan formasi awal yaitu:
Doni - Vocal
Rio - Guitar
Pandi - Drum
Mithos - Bass
Sebelumnya ketika masih membawa bendera Bloody Gore band ini sempat merilis 2 MCD. MCD pertama dengan judul "Stench Of Your Perversion" kemudian dirilis ulang dalam format  CD oleh FETAL TAMPON DISEASE Records, Amerika Serikat.Dan MCD berikutnya berjudul "Blood Driven Vehemence" rdirilis oleh UXICON Records, Belgia. Kedua MCD tersebut mendapat sambutan yang luar biasa, setimpal dengan materi yang disajikan di dalamnya.

Pada bulan Mei  2002, Bloody Gore resmi mengubah namanya menjadi FUNERAL INCEPTION dan merekrut Pandi Ghebes (Sadistis) untuk mengisi posisi drummer. Dengan karakter yang depresif dan kencang BLOODY GORE memuntahkan debut album bertajuk "Anthems Of Disenchantment" di Palu Studio, Jakarta. Album yang berisi 10 lagu ini memberikan citarasa baru yang benar-benar beda dengan lagu-lagu saat masih membawa nama BLOODY GORE. Namun sayang pada bulan Maret 2003, FUNERAL INCEPTION harus merelakan kepergian Mithos (Bass)untuk konsentrasi dalam studinya. Kemudian diikuti Rio (Gitar)  yang harus konsentrasi di Rottrevore Records.
Akhirnya pada tahun 2006 Funeral Inception kembali menggebrak dengan formasi baru: Doni (Vocal), Heldevy (Guitar), Iwan (Guitar), Roni (Bass), AA (Drum). Dengan formasi ini Funeral Inception kembali meramaikan scene Metal Indonesia dan mencuri perhatian khalayak.
Ditengah kesibukan tour sana-sini  Funeral Inception juga mempersiapkan materi untuk albumpenuh keduanya. Dan akhirnya pada Oktober 2007mereka merekam 10 lagu baru di Studio Oranye, Jakarta.
Album ini ditangani oleh Joteng Kampret, salah satu operator legendaris dari Bandung,  yang juga gitaris dari Forgotten. Album ini diberi titel "H.A.T.E"

Album H.A.T.E yang berisi 10 lagu ini terasa sangat brutal namun sangat familiar dengan telinga pendengar musik Death Metal karena sudah menjadi ciri tersendiri dari band ini untuk dapat meberikan sentuhan yang khas dalam setiap lagu-lagunya. Simak saja lagu dengan judul 'Surga Dibawah Telapak Kaki Anjing' atau 'Lebih Baik Mati' dan 'Primitif'. Pilihan kata-katanya tidak arogan dan mudah dihapal oleh kita semua dan hanya lagu-lagu tersebut yang hanya bermodalkan lirik Indonesia selebihnya 7 lagu berbahasakan Inggris, wajar lah karena musik macam FUNERAL INCEPTION lebih cocok untuk berbahasakan Inggris dan pasar musik mereka juga lebih condong banyak ke manca negara. Album ini memang tidak hanya mengandalkan speed dan elemen-elemen standar lainnya dalam dunia musik Death Metal tetapi lebih fokus kepada teknikalitas dan well-structured song writer dengantempo bervariasi.

Kabarnya CD album yang dirilis oleh Rottrevore Records ini dalam perkembangannya sempat beredar dan diputar oleh radio-radio ekstrim Metal di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Finlandia, Polandia, Italia, Perancis, Rusia dan beberapa negara lainnya. Seperti album sebelumnya, sebagian track dari album H.A.T.E ini juga masuk dalam beberapa CD album kompilasi bertaraf internasional.

Pada pertengahan 2008, Heldevy (Gitar) hengkang dari FUNERAL INCEPTION karena masalah keluarga. Kemudian posisinya digantikan oleh Nyoman (gitaris DROP). Awal Desember 2008 video klip untuk lagu "Surga Di Bawah Telapak Kaki Anjing" digarap di Purwokerto oleh salah satu rumah produksi dari kota Purwokerto juga. Dan tak lama berselang setelah proses pembuatan video klip tersebut, Achmad Mustaid alias AA (Drum) resmi mengundurkan diri sehingga FUNERAL INCEPTION harus memakai additional drummer di setiap event yang mereka tapaki.

Formai terakhir FUNERAL INCEPTION saat artikel ini saya posting adalah:
Doni - Vox
Edos - Guitar
Iwan - Guitar
Rusdi - Bass
Adyth - Drums

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar